Home / Nasional / Diarak Keliling Kota Dumai, Warga Tionghoa Tusuk Jarum Besi ke Pipi Hingga Tembus
warga tionghoa saat merayakan imlek dihari kelima

Diarak Keliling Kota Dumai, Warga Tionghoa Tusuk Jarum Besi ke Pipi Hingga Tembus

DUMAI – Usai perayaan Imlek, tepatnya pada hari kelima, warga Tionghoa di Kota Dumai, Riau, melakukan ritual khusus. Setelah itu, salah seorang warga Tionghoa menusukkan besi yang menyerupai jarum ke pipi hingga tembus ke mulut.

Aksi ini dilakukan setelah ritual khusus, dikatakan Ketua Panitia Tahun Baru Imlek 2567 Dumai, Acong kepada GoRiau.com, Sabtu (13/2/2016). Warga Tionghoa yang ditusuk pipinya menggunakan jarum besi, diarak keliling Kota Dumai.

“Ini merupakan penghormatan warga Tionghoa kepada dewa dan bentuk ucapan syukur. Ritual khusus dilaksanakan di Klenteng Hock Liong Kiong. Kalau tidak ada ritual khusus, warga biasa tak akan bisa melakukan itu,” ucapnya.

Warga Tionghoa diarak dari Kelenteng Hock Liong Kiong Jalan Kelakap Tujuh, masuk Jalan Ombak, Jalan Sukajadi, Jalan Sultan Syarif Kasim, dan berakhir di Jalan Sudirman.

Acara tersebut mendapatkan pengawalan dari pihak kepolisian, agar tidak mengganggu arus lalu lintas, dijelaskan Kabag Ops Polres Dumai, Kompol Wawan SH.

“Acara berjalan dengan lancar dan terkendali. Dari awal acara hingga selesai, terus kita (Polred Dumai, red) kawal,” tutupnya menjelaskan. ***

goriau.com

Comments

comments

Check Also

Said Hasyim: Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pembukaan Isolasi Daerah

MERANTI – Peningkatan perekonomian masyarakat melalui konsep pembukaan isolasi daerah akan mampu menciptakan kesejahteraan masyarakat …

-->