Home / Hot News / Abrasi Sungai Rohil, DPRD Akan Perioritaskan Pembangunan Turap
Selaku masyarakat Kepenghuluan Jumrah, Wakapolsek Rimba Melintang (BRIPKA Anton), merasa terpanggi untuk ikut mendapingi pemantauan abrasi. (Photo: Istimewa)

Abrasi Sungai Rohil, DPRD Akan Perioritaskan Pembangunan Turap

ROHIL – Dalam upaya mengatasi abrasi disungai Rokan yang terus merebak, Pimpinan DPRD Rohil, Hamzah, SHi, MM bersama Anggota DPRD Rohil Jefri.B, S.Pd.I yang didampingi Wakapolsek Rimba Melintang BRIPKA Anton, lakukan peninjauan langsung lokasi abrasi diwilayah Kepenghuluan Jumrah.

Dikatakan Hamzah, abrasi yang merupakan salah satu bencana alam dampak dari Bono dan Pasang surut sungai Rokan itu harus mendapat penanganan segera.

“Yang mana nantinya ini akan kita ajukan ke pemerintah pusat, maka kami dari Fraksi Hanura akan mengusulkan melalui dana DAS”. Ucapnya Senin (14/9/2020).

Dia melanjutkan, adapun salah satu cara penanganannya yaitu harus segera dibangunkan turap penahan tanah disepanjang lokasi abrasi tersebut.

“Kami sampaikan kepada perwakilan masyarakat Jumrah, bahwa salah satu usaha untuk mengatasi abrasi tersebut wajib di bangun turap, yang mana insyaallah ini akan kita perjuangkan dan sampaikan kepada pemerintah Kabupaten, Provinsi hingga Pemerintah Pusat”. Sambung orang nomor 1 di DPRD itu.

Lebih jauh Hamzah mengatakan, yang mana akibat dari abrasi tersebut sudah meruntuhkan dan menguras hingga lebih kurang 100 meter tanah masyarakat.

“Insyaallah kita akan berusaha semaksimal mungkin agar abrasi ini menjadi perhatian pemerintah. Dan ini bukan hanya untuk kepenghuluan Jumrah namun juga bagi kepenghuluan yang berada di sepanjang sungai Rokan yang terdampak dari abrasi sungai Rokan”. Lanjut nya.

Selanjutnya, Politisi Partai Hanura itu juga menyebutkan, bahwa abrasi dampak dari Bono dan pasang surutnya sungai rokan ini juga terjadi dibeberapa kepenghuluan sepanjang sungai Rokan.

“Ada beberapa kepenghuluan yang sangat parah betul dari dampak abrasi sungai Rokan, antara nya, kepenghuluan Jumrah, Teluk Pulau Hulu, Teluk Pulau Hilir, Lenggadai Hilir, Seremban Jaya dan Kelurahan Rimba Melintang, mungkin masih banyak kepenghuluan yang lain”. Pungkas.

Laporan by. Memed
Editor: Noeradi.

Comments

comments

Check Also

Pemkab Pelalawan Larang Gunakan Kendaraan Dinas Untuk Kepentingan Pilkada

PELALAWAN, Mediacenter – Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengeluarkan surat larangan penggunaan kendaraan dinas dan jabatan/operasional untuk …

-->