Home / Sosial & Lingkungan / Terjadi Lagi, Karlahut Gasak Lahan Gambut Dipelalawan

Terjadi Lagi, Karlahut Gasak Lahan Gambut Dipelalawan

PELALAWAN – Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) didaerah yang paling dominan terdapat Corporasi perkebunan kelapa sawit dan dua Corporasi Hutan Tanaman Industri (HTI) dikabupaten Pelalawan Provinsi Riau, kembali terjadi, Selasa (24/3/2020).

Menurut informan dilapangan, lokasi kejadian berada dilahan kosong dengan kondisi tanah gambut yang diperkirakan mencapai kedalaman sekitar 3 meter.

Hal itu juga dibenarkan aktivis lingkungan dikabupaten Pelalawan,Wanto mengatakan Kebakaran terjadi tepatnya didesa Pangkalan Terap di Odang Rembau kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Riau.

“Kejadian sepertinya sejak pukul 11.00 wib siang tadi, dari data yang kita miliki dan beberapa sumber bahwa lokasi merupakan lahan gambut kosong dengan kedalaman kurang dari 3 meter”. Ujar Wanto menjelaskan melalui selulernya.

Wanto juga mengatakan, berdasarkan data badan restorasi gambut (BRG), lokasi lahan yang terbakar difungsikan sebagai fungsi budidaya dan lahan tersebut sudah pernah terbakar pada tahun sebelumnya.

Sayangnya belum ada keterangan resmi dari pihak Polres Pelalawan guna memperkuat kebenaran kabar Karlahut tersebut. Humas Polres Pelalawan ketika dihubungi melalui chat WhatsApp belum memberikan balasan.

Berdasarkan pantauan Satelit NASA FIRSM yang disampaikan Wanto luasan lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 10 Ha. Namun dia belum bisa memastikan apakah api berhasil dipadamkan atau belum oleh pihak terkait.

“Kita pantau menggunakan satelit NASA FIRSM, disitu dideteksi luasan lahan yang terbakar sekitar 10ha, ini bisa jadi kurang atau bisa jadi lebih. Untuk memastikan kita harus cek lokasi,” kata Wanto lagi. ** (Faisal)

Editor: Gp2.

Comments

comments

Check Also

Kabar Gembira Untuk Pelanggan PLN Yang Terdaftar Dalam BDT

MERANTI – Dalam upaya membantu masyarakat untuk menghadapi masa sulit akibat pandemi virus corona, pemerintah …

-->