Home / Sosial & Lingkungan / Ketua F-SPSI, Albinus: PT. Musim Mas Sudah sesuai SOP

Ketua F-SPSI, Albinus: PT. Musim Mas Sudah sesuai SOP

PELALAWAN – Kecelakaan kerja yang dialami salah seorang buruh perusahaan perkebunan kelapa sawit (PKS) beberapa hari lalu, yang sempat heboh terkait adanya isu penelantaran oleh pihak Corporasi PT. Musim Mas (MM), dibantah oleh korban.

Kepada Go Pesisir.com ketika dihubungi melalui telepon selulernya pada Jumat pagi, Barani lase (korban_red) mengatakan dirinya tidak ada menyampaikan seperti diberitakan beberapa media sebelumnya.

“Saya tidak ada menyampaikan seperti yang diberitakan itu pak, tidak saya kurangi juga tidak saya tambah-tambah, saya sampaikan apa adanya”. Ungkap Barani Lase, jum’at (13/4/2020).

Korban yang mengalami putus jari jempol itu juga mengatakan bahwa saat kejadian pada hari Rabu 11 Maret 2020 lalu, dirinya bersama rekan kerjanya langsung mengadukan peristiwa tersebut kepada Manager kebun dan langsung dilakukan tindakan.

“Saat itu saya langsung dibawa manager kebun ke klinik perusahaan, lalu dirujuk ke klinik Dinda Sorek kemudian dirujuk ke RS Safira di Pekanbaru”. Terangnya lagi.

Pengakuan korban senada dengan keterangan yang disampaikan oleh manager Humas PT. MM, menurut Ibrahim, adanya beredar kabar sebelumnya itu tidak benar, dia mengatakan pihaknya memperlakukan korban sudah sesuai prosedur dan undang-undang ketenaga kerjaan.

“Kabar yang beredar sebelumnya itu tidak benar, kita lakukan sesuai prosedur dan undang-undang tenaga kerja, mulai dari tempat kecelakan kerja hingga klinik estate V diberikan pengobatan, selanjutnya dibawa ke Klinik Dinda menggunakan mobil manager kebun, untuk dilakukan lanjutan pemeriksaan dan pengobatan medis, dan seterusnya karyawan tersebut dirujuk kerumah sakit Safira Pekanbaru yang didampingi oleh petugas medis Klinik Dinda untuk dilakukan penanganan medis yang maksimal”. Jelas Ibrahim.

Demikian juga dengan tanggapan Ketua Federasi Serikat Pekerja Musim Mas Albinus Siregar, kepada awak media mengatakan pihak federasi yang dipimpinnya senantiasa berlaku netral, dan sampai saat ini pelayanan perusahaan terhadap karyawan masih baik, dan tetap bertanggung jawab.

“Semua karyawan yang bekerja di Musim Mas setiap pagi dilakukan pengarahan kerja (briefing) sesuai dengan standar pekerjaannya, terkait masalah tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja hingga saat ini penilaian saya terhadap Musim Mas baik dan bertanggung jawab. Selain aktif lakukan deteksi dini terkait keselamatan kerja, setiap bulan sekali federasi mengadakan rapat dengan management membahas tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)”. Ucap Albinus.

Dikatakannya lagi, pihak federasi akan melakukan teguran kepada karyawan maupun perusahaan apabila kesalahan dan pengabaian terhadap hak-hak karyawan.

“Sebagai federasi kami berlaku netral, bila anggota melakukan kesalahan kita berikan teguran secara lisan, dan bila tidak di indahkan kita akan berikan peringatan secara tertulis, dan begitu juga terhadap perusahaan, apa bila mengabaikan hak hak karyawan pasti akan kita tegur, bila itu tidak ditanggapi juga pasti kita gugat sesuai undang undang Ketenaga kerjaan. Namun sepengetahuan saya, hingga saat ini PT Musim Mas memperlakukan karyawannya sesuai dengan undang undang ketenagakerjaan”. Ujar Albinus mengakhiri.

Writer: Faisal
Editor: Gp2

Comments

comments

Check Also

Kabar Gembira Untuk Pelanggan PLN Yang Terdaftar Dalam BDT

MERANTI – Dalam upaya membantu masyarakat untuk menghadapi masa sulit akibat pandemi virus corona, pemerintah …

-->