Home / Sosial & Lingkungan / Bupati Harapkan Kepolisian Menindak Tegas Penimbun Masker

Bupati Harapkan Kepolisian Menindak Tegas Penimbun Masker

MERANTI – Menyikapi soal isu terkini yang sangat menghebohkan dunia termasuk Indonesia, yakni penularan wabah Virus Corona (covid 19), Bupati Kepulauan Meranti, H. Irwan MSi harapkan Masyarakat dapat menghadapinya dengan bijak dan tenang.

Hal ini disampaikannya dalam sambutannya pada peresmian 3 Gedung fasilitas Kesehatan secara bersamaan, yakni Rumah Dinas Tenaga Kesehatan, Gedung Unit Transfusi Darah RSUD Kepulauan Meranti dan Gedung UPT Puskesmas Selatpanjang, Jum’at (6/3/2020).

“Semoga Virus Corona ini tidak sampai di Meranti, bagi masyarakat yang menemukan adanya Suspect Corona di Meranti diminta untuk segera mengunjungi Instalasi kesehatan untuk mendapatkan penanganan cepat. RSUD Meranti juga telah menyiapkan ruang isolasi dan seandainya positif akan segera dirujuk ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru untuk penanganan yang lebih intensif”. Ujar Bupati.

Dengan diresmikan 3 Gedung fasilitas Kesehatan, RSUD Meranti dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal. Photo: istimewa

Dikatakannnya lagi, masyarakat jangan menyikapi isu ini dengan ekstrim, karena akan berdampak pada sumber perekonomian daerah.

“Bagi masyarakat jangan menyikapi Isu Virus Corona ini dengan ekstrim, karena hal itu dapat melumpuhkan sendi-sendi kehidupan dan ekonomi daerah, yang terpenting selalu jaga kebersihan diri kita masing-masing”. Kata Bupati lagi.

Lebih jauh, Irwan juga meminta pihak Kepolisan untuk menindak tegas bila ditemukan oknum-oknum yang mencari kesempatan ditengah kesempitan dengan menimbun masker dan cairan pencuci tangan untuk dijual kembali dengan harga yang mahal.

“ini sebuah kejahatan, saya minta kepada aparat kepolisian sepaya menindak tegas”. Tambahnya lagi.

Terkait peresmian 3 gedung fasilitas kesehatan tersebut, Direktur RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti, dr. Ria mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kepulauan Meranti, khususnya Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, atas perhatian yang diberikan kepada jajaran RSUD Meranti. Seperti yang saat ini dilakukan melalui peresmian rumah dinas dokter spesialis dan pengoperasian gedung unit transfusi darah RSUD Meranti.

“Terima kasih kepada Pemda Meranti karena saat ini RSUD Meranti sudah memiliki rumah dokter sendiri dan unit transfusi darah yang representatif, semoga dengan fasilitas ini RSUD Meranti dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal lagi”. ujar dr. Ria.

Namun dalam sambutannya dr. Ria juga menyinggung soal minimnya ketersediaan darah di RSUD Meranti, diakui Direktur RSUD hal ini karena belum adanya pendonor darah aktif, sehingga persediaan darah di Bank Darah sangat minim. Saat kapasitas penyimpanan darah yang dapat ditampung pada Bank Darah sebanyak 180 kantong, namun jumlah rata-rata stock darah yang tersedia hanya berkisar 30-60 kantong, sementara jumlah kebutuhan darah perbulan bisa mencapai 100 kantong lebih.

Direktur RSUD berharap dengan beroperasinya Unit Transfusi Darah ini pengelolaan stock darah dapat dilakukan dengan lebih optimal. Untuk mewujudkannya RSUD Meranti akan menjalin kerjasama dan sinergitas dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Meranti untuk mencari para pendonor darah aktif agar dapat menjaga kesinambungan stock darah di Bank Darah.

Dia juga mengusulkan penambahan tenaga Analis Laboratorium karena saat ini tenaga Analis Labor yang bertugas di RSUD Meranti hanya berjumlah satu orang.

“Jadi kita sangat membutuhkan penambahan tenaga Analis Laboratorium ini,” paparnya.

Menyangkut rumah dinas dokter atau tenaga perawat yang diresmikan saat ini, dijelaskan dr. Ria, memang sangat dibutuhkan oleh para dokter spesialis. Selama dokter spesialis hanya ditempat di Mess yang berjumlah 6 unit. Dengan adanya rumah dinas permanen berjumlah 12 unit berlantai 2 ini, diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan tempat tinggal bagi para dokter yang jumlahnya lumayan banyak.

Sementara itu terkait rencana Direktur RSUD Meranti untuk menghimpun pendonor darah aktif di Kepulauan Meranti dalam rangka menyediakan stock darah pada Bank Darah RSUD Meranti, disambut baik oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Meranti, yang sekaligus sebagai Ketua PMI Meranti, menurut dr. Misri, dirinya mengaku siap bekerjasama dengan memfasilitasi rencana tersebut.

“Kita dari PMI siap bekerja sama dengan RSUD Meranti, semoga dengan beroperasinya Unit Transfusi Darah RSUD Meranti ini dapat memenuhi kebutuhan darah pasien di Meranti, mampu mencukupi kebutuhan darah pasien di Meranti”. ucap dr. Misri.

Rilis Humas
Editor: Gp2

Comments

comments

Check Also

PSBB Disetujui, Fahira Idris Minta Warga Dukung dan Patuh Arahan Anies

JAKARTA — Setelah melalui proses pengusulan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Kesehatan Terawan …

-->