Home / Sosial & Lingkungan / Inovasi Desa, Semangat Majunya Pertanian di Bengkalis

Inovasi Desa, Semangat Majunya Pertanian di Bengkalis

BENGKALIS – Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bengkalis Tarmizi, Staf Ahli Khusus Bupati Isa Selamat, Kabid TPH, Kabid PSP, Bappeda, Dinas PU, beserta rombongan mengadakan kunjungan kerja di beberapa Desa Di Kecamatan Siak Kecil, Kamis (9/1//20).

Setelah melakukan perjalanan dari Sepotong, Langkat, Bandar Jaya, rombongan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bengkalis, tiba di Desa Muara Dua Kecamatan Siak Kecil untuk meninjau pertanian di Desa ini.

Empat lokasi pertanian yang di kunjungi di Desa Muara Dua, yang pertama ke areal percetakan sawah yang sudah dibuka oleh kelompok tani resmi yang terdaftar di Simultan. Lokasi percetakan sawah ini diperkirakan bersetatus aman dari lokasi kawasan hutan.

Kunjungan kedua rombongan melihat langsung kondisi lahan yang akan di jadikan Demplot oleh PT. Bintang Asia kepada kelompok Raih Kemenangan dengan memberikan bantuan benih jagung manis untuk lahan satu hektar.

Kunjungan ketiga rombongan juga melihat dan memanen buah naga yang di kelola kelompok tani Mertas Siak Kecil Desa Muara Dua Kecamatan Siak Kecil.

Untuk perkebunan buah naga Desa Muara Dua ini cukup baik dengan produksi 25 kg pertiga hari. Kelompok tani Mertas Siak Kecil mengharapkan kedepannya dari Balitbang Bengkalis mau melihat kondisi dan kendala perkebunan buah naga ini.

Kunjungan berikutnya Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Tarmizi, Staf Ahli Khusus Bupati Isa Selamat dan rombongan menyempatkan melihat langsung kelompok wanita tani Prima Desa Muara Dua yang sedang melakukan panen harian jagung yang panennya di lakukan setiap harinya sesuai pesanan.

Kelompok wanita tani Prima juga mengembangkan tanaman jagung manis, kangkung, kacang panjang, kacang tanah, melon dan ubi kayu.

Didampingi Kepala Desa Muara Dua, Penyuluh Pertanian Lapangan, Kelompok Tani Desa Muara Dua bapak Eko Riono mengataka “Semua kelompok tani resmi dan terdaftar dalam Simultan melalui PPL Desa Muara Dua milik saudara Aidil”.

Lanjut Eko “Semoga setelah semua jajaran Pemerintah Kabupaten Bengkalis melihat inovasi dari Desa kita, diharapkan ada tanggapan yang positif dan membawa perubahan untuk Poktan yang ada di Desa Muara Dua, di harapkan Staf ahli khusus Bupati maupun Kadis mampu memberikan bantuan buat perubahan pertanian di Desa Muara Dua,” harapnya.**

 

Laporan by: Ep
Editor by: Mmd

Comments

comments

Check Also

Konsultasi ke Kemendagri, M Adil Gesa RUU Penyelenggara Pesantren

MERANTI – Dalam rangka membahas rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaran pondok pesantren, Badan Pembentukan peraturan daerah …

-->