Home / Sosial & Lingkungan / Aktifitas EMP Malacca Strait S.A, Diduga Merugikan Masyarakat Setempat
Pertemuan mediasi antara masyarakat dengan sub kontraktor - (Foto by: Noeradi)

Aktifitas EMP Malacca Strait S.A, Diduga Merugikan Masyarakat Setempat

MERANTI – Masyarakat dan Nelayan dari Tiga Desa di Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, desak beberapa hal terhadap EMP Malacca Strait S.A dan Subkontraktor Perusahaan yang beroperasi dihulu Sungai Makam karena diduga merugikan mereka.

Mereka yang didampingi PC. FSP RTMM di Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kabupaten Kepulauan Meranti, menuntut dampak dari hilir mudiknya Kapal Motor pengangkut material, mengganggu akfitas keseharian sebagai nelayan yang sudah mereka lakukan secara turun temurun disungai itu.

Selain itu, mengenai ketenaga kerjaan mereka meminta kepada pihak perusahaan untuk transparant dalam merekrut tenaga kerja dan memberi kesempatan besar kepada warga setempat, dengan upah kerja harus sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dan dilakukannya Perjanjian Kerja serta BPJS.

Sebagaimana disampaikan ketua PC. FSP RTMM serikat Pekerja Seluruh Indonesia Kabupaten Kepulauan Meranti, Ibrahim Munir pada pertemuan mediasi kedua belah pihak yang di fasilitasi Kapolres Kepulauan Meranti di Jalan Diponegoro Selatpanjang (19/1).

“Perusahaan jangan memperkerjakan anak lokal dengan semena-mena, perusahaan harus memberi kesempatan yang besar kepada anak lokal untuk mendapat peluang pekerjaan yang layak sesuai kemampuan dan keahliannya tanpa diskriminasi,” ujar Ibrahim.

Lebih lanjut, tentang terganggunya aktifitas nelayan Ibrahim juga mengharapkan, pihak perusahaan tidak boleh berdiam diri, karena itu menyangkut hak hidup masyarakat, serta memperhatikan pencemaran yang berdampak pada hasil tangkapan mereka.

“Diharapkan pihak perusahaan agar bisa meminimalisir terjadinya limbah supaya tidak terjadi pencemaran lingkungan yang menyangkut hajat hidup bagi nelayan di pesisir sungai suir dan sekitarnya terjamin,” tandas Ibrahim.**

Laporan by: Noeradi
Editor by: Net

Comments

comments

Check Also

BRG Provinsi Riau Serahkan Alat Pemdam Api

BENGKALIS – Bertempat di Kantor Kepala Desa Muara Dua Kecamatan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis, Jum’at …

-->