Home / Nasional / Siak Kontes Ternak Sapi 2019, Kandis Sabet Juara Umum

Siak Kontes Ternak Sapi 2019, Kandis Sabet Juara Umum

SIAK – Pemerintah Kabupaten Siak, melalui Dinas Perternakan dan Perikanan, menggelar Kontes Ternak Piala Bergilir Bupati Siak tahun 2019 yang bertema “Dengan Kontes Ternak Kita Tingkatkan Kualitas Bibit Sapi Potong dan Daya Saing Peternakan di Kabupaten Siak”

Kontes ternak sapi ini di gelar di lapangan bola Kampung Pinang Sebatang Timur, Kecamatan Tualang pada Tanggal 10 – 11 Desember 2019.

Dalam sambutannya Bupati Siak, Alferdi mengatakan, meskipun beberapa kali tertunda, akhirnya kontes ternak yang kedua kalinya dilaksanakan.

“Acara Kontes Ternak untuk tahun 2019, hanya Kabupaten Siak yang baru menyelenggarakan untuk di Provinsi Riau. Dan Alhamdulillah Kabupaten Siak telah menjadi salah satu sentral produksi daging sapi di Provinsi Riau. Dan untuk di Riau sendiri, pemenuhan daging terutama daging sapi baru sekitar 46 persen,” sebutnya.

Untuk meningkatkan jumlah populasi sapi di Kabupaten, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Siak telah melaksanakan berbagai program di antaranya Kawin alami, Integrasi Sapi Sawit dan program teknologi Inseminasi Buatan.

“Semoga dengan adanya kegiatan kontes hewan ternak ini, akan menjadikan memotivasi kepada para peternak sapi di Kabupaten Siak, agar terus semangat untuk meningkatkan populasi dan kualitas daging sapi yang diternaknya,” katanya.

Kadis Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak, drh. Hj. Susilawati, MM selaku ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa, kegiatan kontes ternak tahun 2019, merupakan iven tahunan yang kedua setelah diselenggarakan perdana pada tahun 2018 lalu.

“Kontes ternak ini diselenggarakan sebagai wadah apresiasi kepada para peternak yang berprestasi, dan memotivasi para peternak untuk memproduksi ternak yang berkualitas, untuk meningkatkan nilai jual ternak itu sendiri,” jelas Susi.

Lanjut Kadis, Alhamdulillah kegiatan kontes ternak sudah selesai dengan lancar. “Terimakasih Bapak Sekretaris Nasional UPSus Siwab mewakili Pak Dirjen PKH dan Bapak Bupati Siak sudah berkenan dalam menyampaikan arahan dan menyerahkan Piala kepada juara umum kontes ternak.

Terimakasih Bapak dan ibu Camat yang sudah berpartisipasi mengirimkan kontestan ternaknya. Dan selamat bagi Pak Camat atas juara kontes ternak”, tutupnya.

Hasil kontes ternak sapi Kabupaten Siak tahun 2019 adalah sebagai berikut :
I. Kategori Sapi Betina Bali hasil IB
Juara 1 Kecamatan Mempura, Juara 2 Kecamatan Dayun dan Juara 3 Kecamatan Siak.

II. Kategori sapi Bali jantan hasil IB
Juara 1 Kecamatan Tualang, Juara 2 Kecamatan Siak dan Juara 3 Kecamatan Dayun.

III. Katergori ekstrim, Juara 1 Kecamatan Minas, Juara 2 Kecamatan Tualang dan Juara 3 Kecamatan Siak.

Sedangkan Juara Umum Kontes Ternak tahun 2019, diraih oleh Kecamatan Kandis.**

 

Laporan by: Epi
Editor by: Mmd

Comments

comments

Check Also

Abdul Latif & Rekan Relawan, Terus Berbuat Untuk Warga Kurang Mampu

LINGGA – Salah Satu Relawan Kabupaten Lingga, Abdul Latif di kenal oleh masyarakat Lingga dan …

-->