Home / Nasional / Bersama Unsur Upika, Polsubsektor Penuba Shalat Gerhana

Bersama Unsur Upika, Polsubsektor Penuba Shalat Gerhana

MASYARAKAT KECAMATAN SELAYAR BERSAMA POLSUBSEKTOR PENUBA DAN USPIKA KECAMATAN MELAKSANAKAN SHOLAT GERHANA MATAHARI DI MASJID AL – IKHLAS PENUBA.

Lingga – pada hari Kamis kemarin tanggal 26/12/2019 masyarakat Kec. Selayar bersama Camat Selayar, Polsubsektor penuba Polsek Daik Lingga dan Uspika Kec. Selayar melaksanakan sholat gerhana matahari bertempat di masjid Al-Ikhlas kp. Tanjung tunggal Desa Penuba.

Adapun yang bertindak selaku petugas shalat gerhana matahari, Imam Bapak. H. Ali Siman, Khotib Bpk. Wan Rizki Alfares ,Sh, Bilal bapak Fajar, Dzikir Bapak. H. Ali Siman. Sebelum melaksanakan Shalat Gerhana matahari Bapak, H. Ali Siman memberikan Panduan Tata Cara Sholat Gerhana Matahari barangkali jika ada yang lupa, Terang Bapak. H. Ali Siman Selaku Imam Sholat Gerhana Matahari, Pukul 12.30 wib ,

Kepala KUA Kec. Selayar Bpk. Wan Rizki Alfares, SH, selaku Khotib/Penceramah sholat Gerhana Matahari menjelaskan tentang keutamaan Sholat Gerhana Matahari dan pelajaran yang bisa kita ambil dari peristiwa Saat terjadinya Gerhana matahari :
– Pertama : Allah ingin menunjukan keagungan serta kekuasaannya yang tidak terbatas , bayangkanlah bahwa matahari, bulan, bumi dan benda – benda langit yang berjumlah miliyaran, semuanya ada dalam gemgamannya dan semua ada dalam keteraturan yang ia ciptakan semua tunduk, bersujud memuji namanya Allah yang mulia.

– Kedua : Allah ingin melihat manakah hamba yang taat dengan mengikuti sunnah, Rasul dan manakah hamba yang mencari kesenangan, kepuasan hatinya. Jika pada hari ini kita melaksanakan sunnah – sunnah yang diajarkan oleh Rasullullah berarrti kita adalah pengikut nabi yang sebenarnya. Namun jika dalam peristiwa ini kita hanya sibuk memcari sudut yang paling ideal untuk bisa melihat gerhana matahari berarti kita ingin mencari kepuasan diri.

– Ketiga : Menambah kecintaan kepada Allah dengan melaksanakan Shalat Gerhana Matahari cinta dilandasi kekaguman atas kekuasaannya tidak terbatas.

– Keempat : Bisa kita ambil pelajaran dari peristiwa ini menjadikan moment untuk bertaubat dan meminta ampun sebanyak – banyaknya kepada Allah Swt.

Dalam pelaksanaan Kegiatan Sholat Gerhana Matahari ini juga di hadiri oleh Kapolsubsektor Penuba Brigpor Yondrialis, Camat Selayar diwakili oleh Bpk. Muklis, Ketua MUI Kec. Selayar, Ketua LAM Kec. Selayar, Ketua FKUB Kec. Selayar, Toga, todat dan Tomas Kec. Selayar Serta Masyarakat Kec. Selayar.**(pendy)

Comments

comments

Check Also

HUT Kodim Ke 4, Bupati Suyatno Intruksi Dinas DLH Menurunkan Alat Berat

ROKANHILIR – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 4, Kodim 0321 Kabupaten …

-->