Home / Nasional / Pelepasan Burung Merpati, Warnai Peringatan Hari Guru 2019 di MAN 1 Rohil

Pelepasan Burung Merpati, Warnai Peringatan Hari Guru 2019 di MAN 1 Rohil

ROKANHILIR – Hari guru yang jatuh pada senin (25/11/2019), diawali dengan pelaksanaan upacara bendera di ikuti Majlis Guru, Karyawan, dan siswa siswi MAN, yang bertempat di halaman upacara MAN 1 Rokan Hilir (Rohil).

Bertindak sebagai pembina upacara Rahmawati M.Pd.I., selaku kepala Madrasah, sedang petugas upacara para guru dan karyawan MAN, mulai dari Inspektur upacara yang dipimpin Rian, S.Pd, sampai pada petugas Do’a oleh Muh. Nur Arifin, S.Pd.

Dalam pengarahannya Rahmawati mengucapan terima kasih kepada para guru yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mendidik anak-anak, tanpa kenal waktu.

Meski ditengah kondisi dan kebutuhan keluarga, Bapak Ibu guru masih tetap melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab, untuk itu selaku kepala Madrasah mengucapkan terima kasih yang setulus tulusnya semoga itu semua menjadi amal ibadah bagi kita, Aamiin.

Dalam sambutan tertulis Mentri pendidikan Nasional yang dibacakan pembina upacara bahwa, dalam kondisi sekarang kita perlu menyiapkan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Serta dibutuhkan karakter insan yang berakhlak mulia, sopan santun dan bertanggung jawab. Untuk itu, di butuhkan guru yang profesional, terutama menghadapi tantangan pendidikan di abad XXI yang semakin berat.

“Peradaban berkembang secepat deret ukur, sedangkan dunia pendidikan bergerak seperti deret hitung”

Hadirnya revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja dan belajar, perkembangan teknologi yang canggih, maka peserta didik harus memiliki krakter dan jati diri bangsa ditengah perubahan global yang bergerak cepat.

Untuk itu, para guru untuk dapat menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital, dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Ketiga pusat pendidikan ini harus saling mendukung dan menguatkan”

Tugas guru sebagai pendidik, selain menanamkan nilai moral dasar, juga harus mampu mengembangkan karakter peserta didik dalam kehidupan, termasuk dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi secara bijak, guru harus mampu sebagai inspirator bagi anak didiknya.

Kegiatan upacara yang berlangsung khitmat sampai pada jam 09.00 WIB, di lanjutkan kegiatan sukuran hari guru dalam bentuk pemotongan kue ulang tahun yang disiapkan Kesiswaan dan OSIS MAN dibawah bimbingan Waka Kesiswaan Nurmiati SPd.

Selain itu, pelepasan Burung Merpati bersama dengan seluruh peserta, sebagai simbol kemerdekaan pendidikan.

Selanjutnya kegiatan hari guru di isi dengan pemberian hadiah kepada siswa yang berprestasi dalam bidang, K3, penulisan cerpen, penulisan surat kepada guru dan puisi untuk guru dalam bulan bahasa, serta memberikan penghargaan bagi karyawan terbaik, dan penetapan guru teladan MAN 1 Rohil 2019.

Selanjutnya masing masing siswa melaksanakan sukuran di ruang kelas bersama para guru dan wali kelas, sampai pukul 13.00 WIB.**

 

Laporan by: Humas/Gp2
Editor by: Mmd

Comments

comments

Check Also

Jaga Kerukunan Antar Agama, Kapolres Lingga Hadiri Acara Temu Tokoh

LINGGA – Kapolres Lingga AKBP. Joko Adi Nugroho, SIK menghadiri kegiatan temu tokoh antar umat …

-->