Home / Nasional / Incar Ebi, TPID Lingga Terus Menggali Potensi Desa Pantai Harapan

Incar Ebi, TPID Lingga Terus Menggali Potensi Desa Pantai Harapan

LINGGA – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) mengadakan Cup Turing ke Desa Pantai Harapan, Kecamatan Selayar. Kegiatan, bertujuan menginopasikan sebuah kegiatan yang ada di Desa serta memberi contoh untuk Desa lain yang ada di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini yang di dampingai Kepala Desa, Zamir, dari ketua TPID Selayar, Subaru, dan rekananya bertujuan yaitu ingin menggali potensi yang ada di Desa Pantai Harapan, yang sudah di laksanakan masyarakat dalam pengolahan udang keringkan (Ebi) secara manual oleh masyarakat.

Dipaparkan, dalam pengolahan Ebi secara manual banyak memerlukan tenaga kerja. Untuk sementara, para ibu rumah tangga telah siap bekerja untuk pengolahan ebi ini dengan manual.

“Alhamdulillah, warga dan Kades merespon positif, Insya Allah, apa yang menjadi harapan warga segera terwujud,” ujar Subaru.

Sementara, Kades Zamir, dengan adanya kegiatan pengolahan Ebi ini, di harapkan masyarakat Pantai Harapan bisa menambah dan memenuhi kebutuhan ekonominya.

“Dalam pengolahan ebi ini, sangat membutuhkan alat yang canggih agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar serta memompa PAD masyarakat dan terkhusus PAD kepada Pemkab Lingga,” kata Zamir.

Adapun alat yang canggih itu, lanjut Kades, warga sangat membutuhkan alat sejenis open untuk mengeringkan Ebi.

Untuk sementara ini, pemasarannya masih di dalam lokalan saja, Zamir berharap kedepannya Ebi ini bisa di nikmati masyarakat dalam negri maupun manca negara.

“Kita harus optimis, ebi di Kabupaten Lingga, harus menembus pasaran lokol mau pun nasional,” ungkapnya.*

 

Laporan by: Pendy
Editor by: Mmd

Comments

comments

Check Also

LAMR Bangko Pusako, Laksanakan Rapat Kerja I Pengurus

BANGKOPUSAKO – Dalam rangka meningkatkan pemantapan kinerja organisasi, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamata Bangko …

-->