Home / Nasional / BUMDes Satu Hati, Desa Darul Aman Raih Nominasi Terbaik III

BUMDes Satu Hati, Desa Darul Aman Raih Nominasi Terbaik III

BENGKALIS – Bertempat di Balai Kerapatan Sri Mahkota, Ahad (18/8), Bupati Bengkalis untuk kesekian kalinya memberikan anugerah bagi Desa, Kelurahan dan juga Kelembagaan Ekonomi Desa se Kabupaten Bengkalis.

Kali ini lembaga ekonomi Desa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Satu Hati Desa Darul Aman, memdapatkan nominasi terbaik III se Kabupaten Bengkalis.

Guna menyukseskan program pemerintah Pusat dan pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk menciptakan Desa yang mandiri, maka pemerintah Desa Darul Aman bersinergi mendorong kembangnya unuit-unit usaha dalam Bumdes Satu Hati ini.

Saat ini, selain unit Usaha Simpan Pinjam (USP), ada juga unit perdagangan berupa pangkalan gas Lpg 3 Kg, BUMDes ini juga meningkatkan pengembangan unit berupa Air minum berbasis RO (Reverse Osmosis) yang dalam maket perencanaanya akan di tingkatkan menjadi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).

“Pemdes akan terus mendorong dan mendampingi Bumdes untuk terus meningkatkan pengembangan pada unit yang ada juga pada unit baru, sehingga menghsilkan PADes,” ungkap Kades.

Senada dengan ucapan kepala Desa Darul Aman, Pramujo Rosyid. S.Hi pendamping Desa bidang ekonomi, Ari Nainggolan, bahwa untuk mendirikan dan mengembangkan Bumdes perlu kerja sama semua pihak termasuk masyarakat.

“Dengan peranserta masyarakat maka Bumdes akan berkembang, dan tetap mengikuti mekanisme yang sudah ada, juga kami akan terus memberikan pendampingan dengan maksimal,” ucap Ari.

BUMDes yang di berinama Satu Hati ini berdiri tahun 2015 ini merupakan perwujutan dari UU Desa no 6 tahun 2014 yang langsung di implementasikan oleh pemerintah Kabupaten Bengkalis guna mempersiapkan menjadi Desa Desa yang mandiri.

Sehingga dengan demikian Desa di harapkan tidak lagi bergantung pada ADD semata dalam keperluan Desanya.

Koordinator ekonomi Kecamatan Rupat, Sarifudin, S Sos juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bengkalis atas anugerah yang sudah di berikan kepada BUMDes di bawah koordinatornya ini.

Dengan tetap semangat dan di harapkan semua Desa yang berada di Kecamatan Rupat, Bumdesnya bisa berjalan, sehingga menghasilkan PADesa masing masing.

“Terima kasih kepada Bupati Bengkalis, dengan penghargaan sebagai Bumdes terbaik III ini menjadikan kami akan terus bersemangat dan maju dalam pendampingan pengelolaan Bumdes se Kecamatan Rupat nantinya,” jelas Korcam.

Berkembangnya sebuah unit usaha yang ada pada Bumdes tidak terlepas dari seberapa maksimal seorang Direktur dalam kepemimpinanya mengelola unit usaha tersebut. Hal ini seperti Direktur Bumdes Satu Hati ini, dengan jiwa semangatnya untuk memajukan Desa tak pernah surut meski banyak tantangan.

Di jelaskan Pria yang biasa di panggil Choirul itu, bahwa tantangan yang paling berat adalah letak geografis Desa Darul Aman yang masih tergolong Desa yang sangat terisolir sehingga akses jalan-jalan utama masih banyak yang belum terbangun sehingga menjadikan sebuah tantangan tersendiri dalam mengembangkan BUMDes ini.

Karena transportasi lebih banyak menggunakan jalur laut sehingga berpengaruh pada harga barang barang yang di kelola oleh unit perdagangan.

“Meski Desa kami merupakan kawasan terisolir, namun itu yang menjadikan tantangan tersendiri bagi saya untuk mengembangkan usaha Bumdes ini sehingga suatu saat nanti benar-benar siap menjadi Desa yang mandiri” tandas Choirul.(tim)

Comments

comments

Check Also

Bencana Asap, Formasi Riau Akan Terobos Kemasyarakat Internasional

RIAU – Kami meminta Masyarakat Internasional harus ikut bertanggung jawab terhadap kebakaran hutan dan lahan …

-->