Home / Nasional / Paripurna Istimewa Sempena Hari Jadi Bengkalis Ke 507

Paripurna Istimewa Sempena Hari Jadi Bengkalis Ke 507

Bengkalis – Sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis, gelar rapat paripurna istimewa, Selasa 30 Juli 2019, bertempat di Gedung DPRD Jalan Antara.

Sidang tersebut digelar sebagai mengenang dan apresiasi terhadap sejarah perjuangan daerah Bengkalis, yang dilaksanakan setiap tanggal 30 juli sejak disahkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Bengkalis Nomor 20 tahun 2004 tentang penetapan Hari Jadi Bengkalis.

Rapat paripurna istimewa di mulai pada pukul 09.36 wib itu dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H Abdul Kadir disaksi Wakil Ketua I, Wakil Ketua II, Wakil Ketua III dan disaksikan 39 orang anggota DPRD Bengkalis.

Hadir dalam Paripurna ini Gubernur Provinsi Riau H Syamsuar,
Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, H Sunaryo, Asisten I Setda Provinsi, H Ahmad Syah Harrofie, sejumlah mantan Bupati Bengkalis dan tamu kehormatan lainnya.

Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir dalam sambutannya mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan berkah serta nikmat islam dan iman kepada kita semua dapat hadir mengikuti Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupayen Bengkalis sempena Hari Jadi ke 507 Bengkalis pada tahun 2019.

“Saya mewakili Pimpinan dan segenap Anggota Dewan menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sedalam dalamnya atas kedayangan bapak-bapak, ibu-ibu, encik-encik, tian-tuan dan puan-puan ke majelis ini”.

Acara ini juga merupakan sebagai salah satu wujud kebersamaan, persaudaraan serta silahturahmi diantara kita, insya Allah akan memperkuat ikatan batin diantara kita seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis.

Abdul Kadir melanjutkan “penetapan hari jadi Bengkalis pada tanggal 30 Juli merupakan sebuah ketetepan yang sudah di kukuhkan gengan Keputusan DPRD Kabupaten Bengkalis Nomor 08/Kpts/DPRD/2004, kemudian dituang kembali dalan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis Nomor 20 tahun 2004, tanggal 28 Juli 2004, dan telah diundangkan di dalam Lembaran Daerah Kabupaten Bengkalis Tahun 2004 Nomoe 23 tanggal 28 Juli 2004″.

Penetapan hari jadi Bengkalis berhulu dari sebuah peristiwa di masa lampau pada tahun 1512 dimana Sultan Mahmud Syah mengutus Hang Nadim ke Bengkalis, Bukit Batu dan Siak-Gasib untuk melawan Portugis.

” Kabupaten Bengkalis pada hari ini afalah sebuah negeri yang terus berbenah dan bergerak maju. Tanah ini mencoba menghala menuju sebuah kerukunan gemilang, menuju sebuah zaman yang diimpijan, yaotu menjadi sebuah negeri yang makmur dab sejahtera, negeri yang gemilang penuh kemuliaan, negeri yang meletakan kebaikan dan kemaslahatan rakat sebagai julangan dan mahligai perjuangan. Oleh katena itu, Haru Jadi Bengkalis ke 507 ini, khususnya bag semestinya bukanlah semata mata peristiwa mengenang berbagi cerita, bukan sekedar bergembira, atau sekedar kegiatan seremonial belaka. Tapi lebih dari itu, peristiwa ini hendaknya kita jadikan sebagai momentum strategis, melakukan kilas balik terhadap derap pembangunan yang dilakukan, melihat laju pembangunan yang tengah berjalan untuk merencanakan peningkatan dimasa yang akan datang”, tutupnya.

Dalam sambutannya Gubernur Riau H. Syamsuar
“Melalui Hari Jadi ke-507 Bengkalis ini, mari kita optimalkan lagi kebersamaan dalam menyongsong Kabupaten Bengkalis yang maju dan makmur di masa kini dan di masa yang akan datang,” ucap Gubri pada Rapat Paripurna Istimewa, di Gedung DPRD Bengkalis, Jalan Antara.

Gubri juga mengajak semua pihak untuK meningkatkan semangat kerja bersama demi terwujudnya kabupaten yang penuh sejarah ini menjadi daerah yang maju dan makmur, sebagaimana tema Hari Jadi ke-507 Bengkalis 2019.

Dikesempatan itu, Syamsuar mengharapkan kemajuan pertumbuhan pembangunan daerah hendaknya diiringi juga dengan peningkatan sumber daya manusia dan peningkatan ekonomi rakyatnya.

“Hal ini terus menjadi persoalan bagi kita semua dalam menghadapi segala tantangan zaman. Kita percaya dengan sumber daya manusia yang ada Kabupaten Bengkalis dapat memberikan kontribusi dan warna tersendiri dalam pembangunan di Provinsi Riau,” harapnya.

Gubri juga yakin Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah mengangkat potensi-potensi alam yang dimiliki di daerah ini, selain minyak bumi dan gas. Seperti wisata alam, religi, situs sejarah dan ragam budaya yang dimiliki.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam sambutanya mengatakan “Momentum peringatan hari jadi ini, selayaknya kita gunakan untuk melihat kebelakang, bahwa lebih dari sekedar saksi sejarah, Kota Bengkalis merupakan bagian integral perjuangan putra putri terbaik di tanah terubuk ini, berjuang bersabung nyawa melawan keangkuhan Portugis tahun 1512 atau ±507 tahun silam”, ungkap Amril.

Untuk mengenang jasa dan semangat para pahlawan dan pendiri Kota Bengkalis. Apa yang telah kita lakukan hari ini, setiap derap langkah kita membangun Kota Bengkalis sebagai ibukota Kabupaten Bengkalis, senantiasa dijiwai semangat patriotisme untuk menciptakan kehidupan yang aman, tenteram, adil, makmur dan sejahtera, sebagaimana diwariskan para pejuang kita terdahulu.

“Untuk itu pada peringatan hari jadi ini, mari kita jadikan sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini, dengan karya dan prestasi, dan harapan akan masa depan yang lebih cemerlang, gemilang dan terbilang”, harap Amril.(ep)

Comments

comments

Check Also

Kemarau Melanda 2 Bulan, Kebutuhan Air Bersih Meningkat

LINGGA – Selama kurang lebih Dua (2) Bulan, masyarakat Desa Tanjung Harapan, tidak mendapatkan air …

-->