Home / Hot News / Malam Pertama Kesenian Rakyat Meriahkan Bakar Tongkang Penuh Haru & Bahagia
Sugianto atau yang akrab disapa Raja Baut, saat diatas podium menyampaikan kata sambutan pada malam kesenian meriahkan ritual bakar tongkang - (foto by: @b3nny_huang)

Malam Pertama Kesenian Rakyat Meriahkan Bakar Tongkang Penuh Haru & Bahagia

ROKANHILIRSugianto, telah melaksaknakan tugasnya dengan selesai dan sukses pada acara pertama malam kesenian hiburan rakyat sempena meriahkan Ritual Bakar Tongkang. Salah satu tugas tersebut ialah, melaksanakan amanat Almarhum Ong Ching Liong (Oliong).

Bagi Sugianto, sosok almarhum Oliong bukanlah sekedar tokoh masyarakat saja, bahkan dirinya telah menganggap almarhum Oliong adalah orang tua sendiri. Karena, dimata Ayah Empat (4) orang anak itu, jasa-jasa dari almarhum Oliong tidak bisa di balas dengan apapun. Dan menjadi tauladan bagi dirinya dan semua.

Kabaharkam Polri. Komjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.H.

                 ‘

Di jelaskan pria yang akrab di sapa Raja Baut itu, sosok almarhum Oliong adalah sosok tokoh masyarakat Tionghoa yang telah banyak berjuang semasa hidupnya. Pengabdian serta pengorbanan almarhum perlu menjadi ingatan kita semua selamanya, sehingga acara malam kesenian dan ritual bakar tongkang bisa terlaksana hingga saat ini.

Dilanjutnya, kontribusi almarhum Oliong terhadap pembangunan kota bagan siapi-api yang dapat kita rasakan bersama, merupakan bukti kerja keras almarhum yang sangat gigih terutama dalam kegiatan malam pentas kesenian dan ritual bakar tongkang.

Gubernur Riau, H. Samsuar

                                           ‘

“Almarhum Oliong kini telah meninggalkan kita semua, namun jasa dan semangat kerja keras beliau akan kita kenang selama-lamanya,” ucap Sugianto, penuh haru dan duka, Senin (17/6/19) malam.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, sambung Sugianto, bertepatan dengan ulang tahun Dewa Ki Hu Ong Ya, dirinya juga mengundang Komjen Pol. Drs. Condro Kirono, M.H, yang saat ini menjabat sebagai Kabaharkam Polri, untuk bisa hadir bersama ditengah-tengah kita untuk memeriahkan acara ini.

Untuk diketahui, Komjen Pol. Drs. Condro Kirono adalah mantan Kapolda Riau pada tahun 2014, pada masa itu masih berpangkat Brigadir Jendral (Brigjen). Beliau adalah Kapolda Riau, pertama yang mengangkat dan mengarak replika kapal tongkang pada tahun 2014 silam.

Bupati Rohil, H. Suyatno

                        ‘

“Jika tidak ada halangan berarti, Pak Condro Kirono akan hadir pada serangkaian acara bhakti sosial, prosesi pengangkatan dewa langit dan malam kesenian,” papar Sugianto.

Selain itu, Sugianto mengajak seluruh komponen utama masyrakat Bagan siapi-api, pejabat pemerintah, pengusaha dan perantau untuk tetap solid dan bersatu padu, bahu membahu membangun tanah kelahiran kita, yakni Kabupaten Rokan Hilir.

“Bagan siapi-api Maju Sukses,” sorak poria Sugianto, dan di sambut sorak ria oleh seluruh warga yang hadir.

Sugianto bersama Istri tercinta Ny. Masni Sugianto (baju putih ditengah), saat foto bersama dengan Alumni Yayasan Perguruan Wahidin, BUS 93, di semarak malam pertama kesenian rakyat sempena meriahkan ritual bakar tongkang tahun 2019.

Tampak dari tengah, Sugianto dan Istri tercinta Ny. Masni Sugianto dan Putra sulung tercinta Vincent Sugianto, saat foto bersama dengan sederetan artis manca negara yang di hadirkan dari Taiwan dan Singapore di IP-Plaza.

Tampak dari tribun sisi kanan gedung IP-Plaza, antusias warga yang sangat tinggi dan di apresiasi, telah turut memeriahkan malam kesenian sempena ritual bakar tongkang dengan tertib dan aman.

Tampak ramai dan meriah antusias warga dari sisi tribun bagian atas lantai dua dan tiga, gedung IP-Plaza, yang dipadati warga menyaksikan hiburan kesenian rakyat sempena ritual bakar tongkang.

Tampak dari sisi bagian luar gedung IP-Plaza, antusias ribuan warga yang begitu tinggi memadati sekeliling gedung tersebut guna menyaksikan hiburan rakyat yang menghadirkan artis manca negara dari Taiwan dan Singapore. Layar lebar pun terbentang di berbagai sudut sisi gedung guna memudahkan warga masyarakat yang tidak bisa sepenuhnya masuk kedalam gedung IP-Plaza.

                                            ‘   

Foto By : @b3nny_huang (Benny Huang)
Laporan : Liputan Bakar Tongkang 2019
Editor : Mmd

Comments

comments

Check Also

FPII Riau: Penerapan Perlindungan Hukum Yang Patut di Contoh Oleh Polda di Seluruh Indonesia

RIAU – Keberhasilan Polda Sumut melalui Polres Labuhanbatu, yang telah mengungkap Pelaku Pembunuhan Dua (2) …

-->