Home / Hot News / Semarak Kemeriahan Bakar Tongkang Pulau Halang 2019
Kondisi saat api membakar replika Bakar Tongkang, yang kabarnya, sesampainya didaratan, para leluhur warga Tionghoa bersepakat untuk membakar tongkang untuk selamanya menetap di Rokan Hilir, yang sampai saat ini menjadi tradisi turun temurun - (Foto by: Anet)

Semarak Kemeriahan Bakar Tongkang Pulau Halang 2019

PULAUHALANG Seperti biasanya, setiap kali di lakukan Perayaan Bakar Tongkang, warga Tionghoa yang berada di perantauan berbondong-bondong pulang ke Kampung Halaman, untuk mengikuti ritual yang dianggap sakral yang di lakukan se Tahun sekali untuk mengenang para arwah leluhur yang berhasil menemukan Daratan Pulau Halang.

Baik yang di dalam Negri, maupun warga Tionghoa yang berada di Luar Negri. Mereka semua pulang untuk mengikuti perayaan Bakar Tongkang di Pulau Halang, Tahun 2019.

Tak heran, bagi pemilik nama Sugianto, pria kelahiran Pulau Halang, 49 Tahun silam, yang sukses diperantauan ikut pulang untuk memeriahkan perayaan Bakar Tongkang tersebut.

Selain sukses di perantauan, beliau juga salah Satu Tokoh yang berpengaruh dan sangat berperan aktif dalam penyelenggaraan Event Bakar Tongkang bagi warga Tionghoa.

Pria yang akrab disapa ‘Raja Baut’ yang saat ini tinggal di Jakarta ikut pulang setiap kali Event Bakar Tongkang baik itu di Pulau Halang, maupun di Ibu kota Bagan Siapi-api. Beliau selalu pulang bersama keluarga besarnya serta rombongannya.

Menurut warga Tionghoa di Kabupaten berjuluk Seribu Kubah itu, Raja Baut, telah memberi kontribusi besar terhadap penyelenggaraan acara Eent Bakar Tongkang di Rohil.

Biasanya, setiap kali acara Bakar Tongkang, Raja Baut selalu aktif dalam berbagai kegiatan sosial memberi bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. Beliau juga membangun tempat penunjang kebutuhan acara tersebut yakni IP-Plaza, yang berdiri megah dan kokoh di Jantung Ibu Kota Rokan Hilir (Bagansiapiapi,red).

Secuplik Jepretan gambar perayaan Bakar Tongkang Pulau Halang. Gambar-gambar dibawah ini mengisahkan kondisi Perayaan Bakar Tongkang Pulau Halang 23 Mei 2019:

Ket foto: Tampak Sugianto (Raja Baut) dan warga saling bahu-membahu untuk mengangkat Repilka Tongkan yang sudah dikemas sedemikian rupa untuk diarak keliling Desa Pulau Halang dan dihantar ketempat pembakaran yang sudah dipersiapkan
Ket Foto: Jajaran Panitia yang di pusatkan di Kelenteng Tin Hai King, terlihat sibuk karena tengah mempersiapkan segala prosesi acara perayaan Bakar Tongkang Pulau Halang, hingga berjalan sukses dan lancar
Ket foto: Tampak ribuan warga Tionghoa baik asal Pulau Halang, maupun asal luar Daerah saat memegang dupa atau hio, guna melakukan sembahyang terlebih dahulu sembari menyambut pembakaran tongkang di mulai
Ket foto: Kelenteng Tin Hai King dipadati ribuan warga Tionghoa saat menunggu detik-detik mengarak replika bakar tongkang menuju alatar pembakaran
Ket foto: Sanak family, rekan dan sahabat saat foto bersama disisi kanan IP-Plaza dengan senyum ceria

Comments

comments

Check Also

Siswa Trauma & Tak Sekolah Lagi, Disdik Meranti Harus Tegas

MERANTI – Dugaan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan, oleh salah seorang oknum guru honorer …

-->