Home / Berita Riau / Ketua PKK Nur Ainun Jamiludin Hadiri Peringatan Hari Kartini
Ketua PKK Nur Ainun Jamiludin poto bersama didampingi Dahniar - (poto by : istimewa)

Ketua PKK Nur Ainun Jamiludin Hadiri Peringatan Hari Kartini

GoPesisir.com (ROKANHILIR) – Memperingati hari Kartini Tahun 2018, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Rokan Hilir bersinergi dengan Dinas Kesehatan Rokan Hilir, mengadakan sosialisasi sekaligus mempercepat deteksi secara dini pemeriksaan Kangker payudara dan Serviks.

Kegiatan ini dilaksankan diaula kantor DP2KBP3A, senin (23/4/2018) di Batu Enam, Bagansiapiapi. Turut hadiri, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohil, Nur Ainun Jamiludin, Kadis Kesehatan Dahniar, pengurus PKK Kecamatan Bangko, Serta seluruh PNS dan Honorer di lingkungan DP2KBP3A.

Dalam sambutanya Kepala dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri Rahayu menjelaskan, Kegiatan mempercepat deteksi secara dini pemeriksaan kangker serviks dan Payudara ini, selain dalam rangka memperingti hari kartini 2018, juga sejalan dengan program Dinas Kesehatan Rokan Hilir dan program Pemberdayaan Perempuan, yakni mewujudkan perempuan yang sehat.

“Untuk pemeriksaan ini dilakukan dengan metode iva test (Inspeksi Visual Asam Asetat ) dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memoles leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sapai dengan 5%. Dengan cara ini kita dapat mendeteksi kanker rahim sedini mungkin,” katanya.

Kegiatan yang sama juga dilanjutkan di kecamtan yang ada di rokan hilir. “Kepada seluruh PNS dan Honores dilingkungan DP2KBP3A untuk dapat melakukan pemeriksaan dan pencegahan secara dini kemasyarakat kita,” himbau Ayu.

Hal Senada juga di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir Dahniar, Program dinas kesehatan deteksi adanya kanker serviks dan payudara, Karna angka kematian untuk kasus ini terbesar di Dunia.

“Makanya program Ibu Presiden RI, Iriana Jokowidodo untuk mengintuksikan seluruh ibu yang berada di kabupaten dan kota, untuk mempercepat deteksi secara dini dengan menggunakan metode iva test. Metode yang mudah dan murah untuk di gunakan,” jelas Dahniar, membacakan amanat Ibu Presiden RI.

Kanker serviks atau di sebut juga dengan kanker mulut rahim, sambung istri Ketua DPRD Rohil, yaitu penyakit yang menyerang bagian mulut rahim wanita, dan menjadi penyebab kematian yang paling tinggi jika di bandingkan dengan jenis kanker lainnya, maka dari itu penyakit kanker serviks ini menjadi penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita. Kanker servik biasanya menyerang wanita yang telah berusia 35-55 Tahun.(rls)

Comments

comments

Check Also

Daftar ke KPU, Camar: Energi Baru Membangun Negri

“Filosofi Camar: Ini adalah burung yang terbang tinggi di atas bersama-sama maupun sendiri sendiri. Camar …

-->