Home / Hot News / Diguyur Huhan, Puluhan Ribu Wisatawan Padati Event Ritual Bakar Tongkang
Bupati Suyatno didampingi seluruh tamu VIV naik reflika tongkang

Diguyur Huhan, Puluhan Ribu Wisatawan Padati Event Ritual Bakar Tongkang

BANGKO – Puluhan ribu warga Tionghoa baik yang Domestik maupun Mancanegara bersama dan menghadiri prosesi acara ritual Bakar Tongkang tahun 2016 di Kota Bagansiapiapi.

Meskipun sempat di guyur hujan panas, pelaksanaan ritual Bakar Tongkang tetap berjalan aman, lancar dan meriah. Pelaksanaan ritual Bakar Tongkang kali ini, di hadiri Bupati Rohil H. Suyatno, Kepala BNPB, Danrem 031/WB, Kapolda Riau, Kadis Pariwisata Riau, serta unsur Forkopinda Riau dan Rohil.

Sebelum kapal tongkang dibawa ke tempat pembakaran dengan cara di arak, ribuan warga Tionghoa terlebih dahulu melakukan ritual sembahyang di kelenteng ing hok king. Dengan menyiapkan sesajian berupa babi, makanan dan buah – buahan.

Tepat Selasa (21/6/16) pukul 15.00 WIb, replika kapal tongkang yang di semayamkan di kelenteng ing hok king, selanjutnya di arak di sepanjang jalan perniagaan menuju tempat pembakaran dengan di iringi ribuan warga dengan membawa bakaran sio. Disepanjang jalan juga terdengar bunyian petasan yang tidak henti-hentinya memeriakan suasana.

Poto by: Dedi Dahmudi, "Api melahap replika bakar tongkang"
Poto by: Dedi Dahmudi, “Api melahap replika bakar tongkang”

Setelah sampai tempat pembakaran, sejumlah pejabat VIP pun sempat menaiki tongkang yang akan di bakar. Dan berselang 30 Menit replika Kapal tongkang ludes terbakar dilalap sijago merah.

Kedua tiang layar tongkang tumbang ke arah laut, di yakini etnis Tionghoa Bagansiapiapi, rezeki untuk tahun ini lebih banyak dari laut.

Selain itu, pelaksanaan ritual Bakar Tongkang tahun 2016 ini, bertepatan pada bulan suci Ramadhan, juga bertepatan dengan ulang tahun Bupati Rokan Hilir H. Suyatno ke 59 dan juga presiden Republik indonesia Joko Widodo.***

Posting by: kiewil/madz

Comments

comments

Check Also

Daftar ke KPU, Camar: Energi Baru Membangun Negri

“Filosofi Camar: Ini adalah burung yang terbang tinggi di atas bersama-sama maupun sendiri sendiri. Camar …

-->