Home / Sosial & Lingkungan / Yuk Intip, 28 Cagar Budaya di Dumai yang akan Dibuatkan Perda
Makam Pawang Lion

Yuk Intip, 28 Cagar Budaya di Dumai yang akan Dibuatkan Perda

DUMAI – Saat ini Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), sedang menggodok Rencana Peraturan Daerah (Ranperda), untuk 28 cagar budaya yang dimiliki. Dimana saat ini sedang dalam pembahasan di DPRD Kota Dumai.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Disbudparpora Kota Dumai, H Darmawan kepada GoRiau.com, Jumat siang (27/5/2016). Sebelumnya pada tahun 2013, telah dilakukan pengembangan kebudayaan dan pariwisata Kota Dumai.

“Pendataan dan inventarisasi cagar budaya, pernah kita lakukan tahun 2013, bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepri,” ungkap Darmawan.

Sambungnya, pada tahun itu ada 25 cagar budaya yang terdata. Sementara ditahun ini ada penambahan 3 cagar budaya. Dengan membuat perda untuk cagar budaya ini, merupakan upaya pelestarian cagar budaya di Kota Dumai.

“Cagar budaya perlu dilindungi dan dilestarikan demi memupuk kesadaran jatidiri bangsa dan kepentingan nasional. Peninggalan budaya ini merupakan bukti peradaban pada zaman dulu,” ulasnya.

Dengan adanya perda cagar budaya ini, lanjutnya, bisa mempertahankan sejarah yang pernah terbentuk dan ditinggalkan pada masa yang telah lampau.

“Ada 4 situs cagar budaya yang berada di dalam komplek objek vital, yaitu Makam Putri Tujuh (PT Pertamina), Pesanggrahan Putri Tujuh (PT Pertamina), Makam Simpan (Chevron), dan Makam Datuk Tabrani (Chevron),” tutup Darmawan menjelaskan.

Hasil rekapitulasi benda cagar budaya di Kota Dumai tahun 2016:

1. Makam Putri Tujuh.
2. Pesanggrahan Putri Tujuh.
3. Makam Simpan.
4. Makam Datuk Tabrani.
5. Makam H Jalal.
6. Makam Kerabat Tujuh.
7. Makam Syaikh Sayyid Aziz Ibrahim (Ayahanda Putri Tujuh).
8. Makam Pawang Lion.
9. Makam Panglima Delau.
10. Makam Tuk Kedondong.
11. Makam Syech Umar.
12. Keris.
13. Keris Tanpa Lekekukan.
14. Meriam.
15. Bekas Benteng.
16. Mangkok 1 (pecah).
17. Mangkok 2.
18. Kendi 1.
19. Kendi 2.
20. Keris 1.
21. Keris 2.
22. Keris 3.
23. Tepak Sirih.
24. Cepu.
25. Payung Kecil (Nyi Lembut).
26. Makam Tuan Guru Syech Ahmad Qosim Tambusai.
27. Komplek Masjid Attoibah.
28. Botol.***

Comments

comments

Check Also

Pemkab Pelalawan Larang Gunakan Kendaraan Dinas Untuk Kepentingan Pilkada

PELALAWAN, Mediacenter – Pemerintah Kabupaten Pelalawan mengeluarkan surat larangan penggunaan kendaraan dinas dan jabatan/operasional untuk …

-->