Home / Kesehatan / Pemkab Kampar Teken MoU Bidang RTMPE dengan Negeri Perak, Malaysia
pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Kampar dengan Kerajaan Negeri Perak Malaysia

Pemkab Kampar Teken MoU Bidang RTMPE dengan Negeri Perak, Malaysia

Riauterkini – BANGKINANGKOTA – Pemerintah Kabupaten Kampar menandatangani Momerandum Of Undersatnding (MOU) dengan Kerajaan Negeri Perak Malaysia tentang Sharing Ilmu pengetahuan (knowledge sharing) di bidang Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE) yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Kampar, Selasa (8/3/16).

Mou ini juga dihadiri oDandim 0313/ KPR Letkol kav Yudi Prasetio, anggota DPRD Provinsi Riau, Eva Yuliana Jefry dan juga para Kepala SKPD yang ada di Kabupaten Kampar Bupati Kampar.

Jefry Noer dalam arahannya usai penandatanganan MOU tersebut mengatakan bahwa, pada saat ini, kita berhadapan dengan masalah yang sama, yakni persoalan sikap, kita tidak mau memberi ikan, tapi kita memberi pancing.

“Maka untuk itulah Pemerintah Kabupaten Kampar membuat program untuk peningkatan kemiskinan yakni Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE),”terangnya.

Ditambahkan Jefry, pertukaran ilmu memang sangat diperlukan, karna ilmu tidak pernah statis, dia berkembang terus menerus, semoga MUO yang telah kita sepekati ini bermanfaat, khususnya buat kampar dan perak, khususnya lagi buat masyarakat yang miskin dan menganggur kalau tulang rusuknya tidak panjang.

Jefry berharap, dalam pelaksanaan MOU ini nantinya ditindaklanjuti melalui perjanjian kerjasama sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku, dan semua Satuan kerja Perangkat Daerah serta pihak yang terkait dapat mendukung dan berinergi sesuai dengan fungsi dan kewenangannya masing-masing.

Sementara itu Exco Kerajaan Perak Malaysia, Dato’ Saarani, dalam sambutannya mengatakan bahwa, bila dibilang mengenai pertanian, dalam fikiran seseorang pasti akan membutuhkan lahan dan waktu yang sangat banyak sekali.

Untuk itu dengan adanya program RTMPE yang simple dan tidak memerlukan waktu yang lama ini, kami tertarik untuk belajar hingga sampai datang ke Kabupaten Kampar ini dengan bertujuan ingin meniru program-program yang inovatif dari daerah ini.

“Setelah pulang dari sini, secepat mungkin saya akan mengumpulkan staf-staf saya untuk berembuk mengenai program ini dan kami akan antar petani kami kesini untuk mengikuti pelatihan ke Kubang Jaya, agar nantinya bisa menjai icon petani di Kerajaan Perak”ujar Saarani.

Lawatan kerja kerajaan Negeri Perak Malaysia di Kabupaten Kampar yang dilaksanakan selama Empat hari ini akan mengunjungi berbagai centra perikanan dan pertanian yang ada di Kabupaten Kampar.

Anggota DPRD Provinsi Riau, Eva yuliana Jefry yang juga hadir pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa, kita berharap semoga penandatanganan MOU ini bukan hanya diatas kertas saja, kita berharap semoga semuanya cepat direalisasikan, agar pengentasan kemiskinan yang kita harapkan, baik di kabupaten Kampar maupun di kerajaan perak dapat segera terwujudUsai penandatanganan mou tersebut.

Jefry Noer juga membuka sesi tanya jawab yang berkaitan dengan program Rumah Tangga Mandiri Pangan Energi yang barangkali belum dimengerti oleh tim dari Exco kerajaan perak tersebut. ***

 

goriau.com

Comments

comments

Check Also

Halal Bi Halal Di Kecamatan Teluk Mengkudu, Wabup Sergai: Sergai Mencanangkan Gema Losari

SERGAI -(GOPesisir.com)- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya SE menghadiri Halal …

-->