Home / Kesehatan / Bupati Rohil: Mulai Hari Ini Rohil Siaga Darurat Karlahut

Bupati Rohil: Mulai Hari Ini Rohil Siaga Darurat Karlahut

BANGKO – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H. Suyatno Amp menetapkan mulai hari ini, Kamis (10/3/16) Kabupaten Rohil ditetapkan siaga darurat terhadap Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Untuk itu, kepada seluruh Stakeholder yang ada di Kabupaten Rohil untuk segera tanggap dan proaktif mengantisifasi terjadinya Karlahut di Rohil.

“Tugas siaga Karlahut ini, bukan hanya ditangan kepolisian dan TNI saja. Tapi seluruh masyarakat juga harus berperan aktif menjaganya,” demikian hal itu disampaikan Bupati Rohil Suyatno saat menggelar rapat dengan seluruh‎ forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompimda) di mess Pemda Rohil, Jalan Perwira, Bagansiapiapi.

Pada pertemuan tersebut kita telah sepakat, Rohi dilakukan penetapan siaga darurat. Berarti kita harus komitmen mengantisipasi terhadap karlahut. Disamping itu Suyatno juga mengajak para Camat dan Datuk Penghulu harus proaktif terhadap posisi karlahut yang berada diwilayahnya masing-masing. Camat harus selalu melakukan koordinasi dengan perusahaan terdekat serta TNI dan juga pihak Kepolisian.

“Kalau perusahaan tidak melayani, jangan tinggal diam, segera laporkan ke Bupati, Kapolres maupun Dandim,” terang Bupati Suyatno.

Sementara itu, Kapolres Rohil AKBP Subiantoro Sik menjelaskan, dengan siaga darurat yang sudah disepakati dan ditanda tangani, maka keputusan ini haurs ada langkah nyata. Diantaranya, hari ini dengan melakukan rapat rencana aksi untuk menyamakan persepsi, pola tindak, pola pikir dalam rangka menangani siaga Karlahut.

“Mungkin sudah bekerja selaama ini, tapi kalau tidk terkoordinasi, hasilnya tidak maksimal. Ini akan lebih bagus kalau yang dikerjakan terdata, terkordinasi dengan baik. Maka akan buat posko pemandu utama dan taktis berisi personil gabungan,” paparnya.

Ditambahkan Subiantoro, dalam waktu dekat ini pada tanggal 15 Maret 2016 nanti akan dilakukan pertemuan pembahasan kelanjutan akan hal itu di Mapolres Rohil. “Ini kita lakukan guna menindak lanjuti hasil dari rapat hari ini,” pungkasnya.

Pantauan awak media, turut hadir Dandim 0321/Rohil, Bambang Sukisworo, Kapolres Rohil, AKBP Subiantoro Sik, Kasipidum Kejari Rohil, M Sobraini, seluruh SKPD dan Camat se Rohil.(adv/mad)

Comments

comments

Check Also

Halal Bi Halal Di Kecamatan Teluk Mengkudu, Wabup Sergai: Sergai Mencanangkan Gema Losari

SERGAI -(GOPesisir.com)- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya SE menghadiri Halal …

-->