Home / Kesehatan / 50 Orang Eks Gafatar Dipulangkan ke Daerah Asal, Kadinsos Riau: Jangan Kucilkan Mereka
ilustrasi

50 Orang Eks Gafatar Dipulangkan ke Daerah Asal, Kadinsos Riau: Jangan Kucilkan Mereka

PEKANBARU – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau melakukan serah terima 50 warga eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) kepada dinsos kabupaten/kota yang ada di Riau. Sesampainya eks Gafatar di daerah nantinya, masyarakat pun diimbau agar tidak mengucilkan mereka.

“Setelah seminggu dibina oleh Dinsos Riau, kini kami serahkan kepada dinsos masing-masing kabupaten untuk membina warga eks Gafatarnya. Masyarakat jangan mengucilkan mereka,” papar Kadinsos Riau, Syarifuddin, Senin (15/2/2016) di Pekanbaru.

Ia meminta agar rombongan tersebut tidak disebut lagi sebagai eks Gafatar namun dianggap sebagai masyarakat seperti pada umumnya. Rencananya, eks Gafatar tersebut akan diberdayakan oleh dinsos kabupaten/kota melalui pendataan ulang dan pembinaan.

“Jangan sebut eks Gafatar lagi, mereka sekarang keluarga besar kita. Nantinya dinsos kabupaten/kota yang akan melakukan pembinaan. Tentunya akan dilakukan pendataan profesi, keahlian dan latar belakangnya agar bisa dicarikan pekerjaan,” ujar Syarifuddin.

Lanjut Syarifuddin, pemerintah pusat menginstruksikan agar eks Gafatar dibina secara profesional agar dapat disalurkan dan diberdayakan hingga ketaraf nasional.

“Bagaimana pembinaannya, itu daerah yang jauh lebih tahu. Kalau untuk taraf nasional seperti yang diminta pemerintah pusat, tentunya melalui registrasi daerah,” katanya.

Untuk diketahui, 50 orang eks Gafatar tersebut dipulangkan ke 3 kabupaten/kota, yaitu 41 orang asal Pekanbaru, 2 orang asal Kabupaten Indragiri Hulu, dan 7 orang dari Kabupaten Kampar. ***

goriau.com

Comments

comments

Check Also

Halal Bi Halal Di Kecamatan Teluk Mengkudu, Wabup Sergai: Sergai Mencanangkan Gema Losari

SERGAI -(GOPesisir.com)- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya SE menghadiri Halal …

-->